by

BPDB Provinsi Jawa Tengah dan BPDB Kabupaten Boyolali Gelar Gladi Lapang Guna Persiapan Ketika Ada Erupsi

Loading…

Boyolali-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Boyolali telah menggelar gladi lapang erupsi gunung merapi. Gladi lapang ini dilaksanakan di desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali. Kegiatan dilakukan sebagai tindak lanjut amanat BPKRI yang mewajibkan BPDB Provinsi Jawa Tengah di tahun 2019 wajib menggelar gladi lapang erupsi gunung merapi di 3 Kabupaten. Masing-masing adalah Kabupaten Boyolali, Magelang, dan Kabupaten Klaten. Dilakukannya hal ini karena pada tahun 2017 lalu pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah lakukan fasilitasi bantuan ke 3 Kabupaten tersebut terkait merapi.

Kasi kesiapsiagaan BPDB Provinsi Jawa Tengah Wahyudi Fajar mengatakan di Boyolali gladi lapang dilakukan beberapa claster. Claster tersebut diantaranya evakuasi dan penyelamatan, dapur umum, dan claster kesehatan. Gladi lapang dilakukan dilakukan agar masyarakat lebih siap menghadapi jika sewaktu-waktu erupsi merapi terjadi. “Dari 3 Kabupaten ini terlatih, sehingga harapan kami semua khususnya pemerintah Provinsi lewat pak Gubernur berharap dengan adanya latihan ini masyarakat apabila sewaktu-waktu merapi ini terjadi erupsi mampu menyelamatkan dirinya. Jadi siru adanya korban jiwa dan outcam nya otomatis juga dengan tidak adanya korban jiwa. Dengan itu otomatis target dari nasional untuk tidak adanya korban jiwa bila terjadi bencana itu tercapai” tutur Wahyudi Fajar selaku kasi kesiapsiagaan BPDB Provinsi Jawa Tengah.

Loading...

Pantauan di lapangan menggambarkan ratusan warga dukuh Takeran dan Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali dievakuasi ke tempat penampungan sementara dengan menggunakan bak roda empat terbuka. Sebelumnya warga telah siap diri di evakuasi setelah ada informasi terjadi erupsi merapi. Para pihak terkait bencana turun ke lapangan menyelamatkan warga dari bencana erupsi merapi. Ratusan relawan dan jumlah instansi terkait dilibatkan dalam penanganan gladi lapang desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali hari Rabu, 10 Juli 2019. #alfina

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed