by

Korea Utara Merilis Ponsel Khusus Untuk Rakyatnya

Loading…

Baru-baru ini Korea Utara meluncurkan smartphone khusus untuk rakyatnya. Ponsel pintar yang diluncurkan di Korea Utara ini dinamakan Pyongyang 2425. Ponsel pintar ini ditenagai dengan prosesor 8-core, teknologi face scanning, dan pengisian daya secara nirkabel.
Meski teknologinya sudah modern, ponsel pintar ini hanya dapat terkoneksi jaringan WiFi bernama Mirae yang khusus di dalam negeri ini saja. Bahkan akses membuka foto dan ringtone standar bawaan pabrik pun tidak diizinkan untuk digunakan oleh penggunanya.

Serial number yang terdapat di smartphone tersebut menunjukkan bahwa Pyongyang 2425 diproduksi di Tiongkok. Kemungkinan besar Korea Utara memesan ponsel dari Tiongkok dengan kesepakatan bahwa Korea Utara akan mengganti perangkat lunaknya. Ponsel pintar ini hanya menyediakan beberapa aplikasi yang sudah disetujui oleh pemerintah. Misalnya aplikasi untuk belajar bahasa Inggris dan Mandarin, aplikasi ensiklopedia atau kamus yang isinya sudah disetujui pemerintah, dan aplikasi cuaca.

Loading...

Dalam ponsel ini juga terdapat aplikasi perpustakaan yang mirip seperti aplikasi Apple Books. Pada aplikasi ini, penggunanya bisa mengakses berbagai e-book atau buku elektronik dari seluruh dunia. Sayangnya, isi bacaannya hanya yang sudah disetujui oleh pemerintah. Selain itu, pengguna ponsel Pyongyang 2425 di wilayah tertentu tidak bisa mengunduh aplikasi sendiri. DIkarenakan jaringan WiFi di Korea Utara kurang baik dan belum menjangkau keseluruh daerahnya. Mereka harus pergi ke toko yang menjual ponsel itu dan menemui teknisi untuk membantu mengunduh aplikasi yang diinginkan.

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed