by

Gunung Merapi Kembali Memasuki Status Waspada

Loading…

Boyolali – 11 Agustus 2019 Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menunjukkan aktivitas erupsi. Gunung yang merupakan salah satu gunung aktif di Jawa ini kembali mengeluarkan awan panas dan lava pijar.

Pada hari Senin, 12 Agustus 2019 Pagi hari kembali mengeluarkan lava pijar dengan jarak luncur 900 meter kearah Kali Gendol. Aktivitas Gunung Merapi terekam oleh CCTV yang dipasang oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Loading...

Data dari BPPTKG Pos Pantau Gunung Merapi di Jrakah, Kecamatan Selo menyebutkan bahwa terjadi 4 kali guguran lava pijar yang terjadi dari pukul 18:00 WIB pada Minggu Malam sampai sengan pukul 06:00 WIB pada hari Senin Pagi. Lava pijar meluncur dengan jarak 450 hingga 900 meter ke arah Kali Gendol.

“Status Merapi saat ini masih waspada level 2. Himbauan bagi masyarakat agar tenang dan mengikuti pengarahan dari Pemerintah”, keterangan Sutanto selaku Petugas Pos Pantau Merapi Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Berdasarkan informasi tersebut, para warga disekitar Lereng Gunung Merapi dihimbau untuk tidak beraktivitas pad radius 3 Kilometer dari Puncak Gunung Merapi. #kyki

banner 300250

News Feed