Loading…

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Uban muncul pada usia muda, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Faktor genetik

Loading...

Menurut studi, kemunculan uban prematur berkaitan kuat dengan faktor genetik. Artinya, jika terdapat kasus uban prematur di salah satu anggota keluarga, maka kita memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal yang sama.

2. Stres atau depresi

Stres atau depresi merupakan sesuatu yang umum terjadi, dan memiliki konsekuensi terhadap kondisi fisik dan mental kita. Stres atau depresi juga identik dengan beberapa kondisi lain, seperti masalah tidur, gangguan kecemasan, perubahan pola makan, dan kenaikan tekanan darah.

3. Penyakit khusus

Selain faktor di atas, terdapat pula kondisi khusus yang menyebabkan seseorang memiliki uban di usia muda. Salah satunya adalah kelainan hormon tiroid, seperti hyperthyroidism, di mana kelenjar tiroid terlalu aktif dan menurunkan produksi melanin.Selain itu, uban juga disebabkan oleh penyakit seperti alopecia areata, penyakit autoimun yang mengakibat

4. Kekurangan vitamin

Asupan nutrisi yang kurang dapat menyebabkan munculnya uban, khususnya defisiensi vitamin B6, B7, B12, D, dan E.

5. Merokok

Frekuensi merokok yang tinggi juga ditenggarai menjadi salah satu penyebab kemunculan uban di usia dini. Salah satu studi menunjukkan bahwa perokok aktif memiliki risiko 2,5 kali lebih besar dibanding non perokok untuk memiliki uban di sekitar usia 30 tahun.Di sisi lain, rokok juga dapat memicu perubahan kondisi tubuh yang mirip dengan gejala stress, sehingga menyebabkan oxidative stress dan mengurangi produksi pigmen di folikel rambut.

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed