by

Indonesia Mengajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Loading…

Indonesia berencana mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Indonesia kemungkinan bakal bersaing dengan China dan banyak dari benua Afrika. Dalam langkah ini, Indonesia mencoba untuk menggandeng Australia setelah Thailand dikabarkan mengundurkan diri karena belum siap. Keinginan tersebut sebenarnya sudah terfikirkan sejak 2017. Itu disampaikan oleh Joko Driyono, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Piala Dunia 2034 menjadi waktu yang pas untuk Indonesia menyalonkan diri sebagai tuan rumah. Sebab, berdasarkan aturan FIFA pada 2017, Piala Dunia 2030 tidak dapat diselenggarakan di Asia (AFC) karena anggota Konfederasi Sepakbola Asia ditiadakan dari penawaran setelah Qatar terpilih menjadi tuan rumah pada 2022. Selanjutnya, Piala Dunia 2026 bakal berlangsung di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Loading...

Setiap benua setidaknya memiliki sedikit jeda menggelar Piala Dunia setelah dua event berlangsung di benua yang berbeda. Seperti saat Piala Dunia 2006 di Jerman, benua Eropa baru kembali menggelar Piala Dunia pada 2018 di Rusia, setelah bergulir di Afrika Selatan pada tahu 2010 dan Brasil pada tahun 2014.

China dikabarkan juga siap mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034. Chinamempunyai ambisi besar menjadi negara adidaya sepakbola di Asia, meski proyek sesungguhnya adalah menembus Piala Dunia pada 2050.

Persaingan juga bakal datang dari beberapa negara di kawasan Afrika, diantaranya yaitu Zimbabwe, Mesir, dan Nigeria. Sedikit tambahan, Mesir saat ini tengah menjadi tuan rumah Piala Afrika 2019. Jika event ini berjalan sukses, bukan hal yang mustahil mereka lebih memantapkan niatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed