by

Tips & Trik : Menghangatkan Tubuh di Kala Hawa Dingin Sedang Melanda.

Loading…

Dingin merupakan suhu rendah yang terdapat dalam atmosfer bumi. Kebanyakan orang pasti mempunyai permasalahan yang sama saat cuaca diluar sedang dingin, yaitu dengan menggunakan pakaian yang lebih tebal & hangat untuk meghindari suhu dingin tersebut.

Jika perubahan iklim terjadi, khususnya pada musim dingin. Kita tidak sempat mempersiapkan suatu halnya dengan matang, hal tersebut membuat tubuh bakal menimbulkan masalah tersendiri bagi kesehatan tubuh juga dapat mengancam nyawa, seperti jatuh sakit dan hipotermia.

Loading...

Apa yang Menyebabkan Tubuh Merasakan Kedinginan?

Faktanya, tubuh kita telah dibekali semacam hal mekanisme alami untuk bereaksi dan menyesuaikan diri dengan hawa dingin yang melanda. Agar dapat bertahan di cuaca dingin, tubuh harus mempertahankan temperatur hangat yang ada di dalam. Namun, ada kalanya pada kasus yang ekstrem tubuh tidak dapat mempertahankan panas dan tidak bisa memproduksi panas dalam dirinya.

Bagaimana Cara Menghangatkan Tubuh disaat Cuaca Dingin Melanda?

1. Berpakaian Hangat.

Bukan hal yang sulit untuk melawan hawa dingin, terutama ketika berada di negara yang tidak tersentuh musim dingin. Jika cuaca dingin sedang mencekam di luar, Orang pun tak dapat bermain/bersenang-senang di luar rumah dan berpergian ketika hal tersebut terjadi. Berikut, rekomendasi pakaian berlapis untuk menutupi tubuh ditengah hawa dingin :

  • Jaket
  • Syal/Scarf
  • Beanie/Kupluk
  • Kaus
  • kemeja
  • Topi
  • Sarung tangan

2. Hindari Rasa Menggigil.

Menggigil adalah suatu tanda-tanda dimana tubuh kita sedang kedinginan dan secepatnya memerlukan kehangatan pada sekeliling tubuh. Orang dengan hipotermia yang tidak terlalu berat, mungkin tidak akan merasa menggigil. Untuk menjaga suhu tetaplah hangat, tubuh akan berusaha memproduksi panas dari dalam dengan membiarkan otot dan organ bergerak, yaitu dengan menggigil. Meski, metode ini harus menggunakan banyak energi dan tidak efisien dilakukan untuk menghasilkan panas. Namun, peneliti menjelaskan bahwa metode ini dapat dilakukan tubuh ketika suhu kulit mulai dingin (kedinginan).

3. Penyesuaian Tubuh dengan Hawa Dingin.

Faktanya, tubuh kita memiliki kemampuan mekanisme untuk menjaga dirinya sendiri agar tetap hangat. Orang yang sering menghabiskan waktu dalam cuaca dingin dapat membuat dirinya lebih tahan dengan dingin. Mekanisme dalam tubuh ini belum sepenuhnya dapat dipahami. Namun, mungkin lemak dalam tubuh yang disebut dengan lemak cokelat (brown fat) dapat berperan dalam hal tersebut. Lemak cokelat dapat lebih banyak membakar energi dan melepaskannya sebagai panas tubuh untuk memberi kehangatan pada tubuh.

4. Perbanyak Makan.

Ketika cahaya matahari kurang menghangatkan tubuh, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menjaga keseimbangan dan membakar kalori. Perbanyak makan adalah ide terbaik saat diserang musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Pilihan terbaik adalah sebagai berikut :

  • Makan sup sayur-sayuran panas
  • Buah-buahan kering
  • Mengonsumsi madu (jika ada)
  • Minum minyak ikan cod terus-menerus

Makanan mengandung kalori tinggi pun disarankan untuk dikonsumsi. Misalnya, makanan sumber karbohidrat dan berlemak. Hal ini dapat menjaga tubuh agar senantiasa dalam kondisi hangat dan stamina senantiasa dalam kondisi bugar. Penting juga untuk menjaga gula darah kita, sehingga tubuh dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk tetap hangat. Makanlah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan, seperti makanan yang berlemak. Saat tubuh Anda mencerna makanan, tubuh akan membakar energi sehingga Anda akan merasa lebih hangat. Oleh karena itu, jika makanan yang dimakan lebih lama dicerna tubuh, maka kehangatan akan terasa lebih lama.

5. Perbanyak Minum Air Hangat.

Selain memperbanyak makan, asupan air pun akan mengurangi rasa dingin dalam tubuh pula. Apalagi, minum-minuman air panas yang dapat memberikan kehangatan. Meskipun, tidak dapat menaikkan suhu internal dalam tubuh dengan baik. Mulut merupakan salah satu bagian paling sensitif dalam tubuh manusia. Jika kita minum air hangat dan menyentuhkannya ke mulut, maka akan terasa kehangatannya pula. Hindari pula minuman mengandung kafein berlebih seperti, kopi atau minuman bersoda. Karena, dengan mengonsumsi minuman tersebut mengakibatkan dehidrasi dan tubuh menjadi tak tahan terhadap hawa dingin.

6. Usahakan Berolahraga.

Cuaca dingin tidak lantas membuat kita menghabiskan waktu seharian di dalam kamar terus menerus. Cukup melakukan stretching dan berolahraga ringan, kegiatan tersebut telah membantu tubuh agar tetap hangat dan relax. Kita juga harus tetap bergerak agar peredaran darah dalam tubuh lancar.

7. Menjaga Tubuh Tetap Kering.

Tubuh berkeringat atau baju/rambut basah dapat membuat sekujur tubuh kita merasakan kedinginan. Oleh sebab itu, jika cuaca sedang dingin, gunakan baju yang dapat menyerap keringat. Jika baju basah, ganti baju segera. Dan jika rambut basah, kerinkan rambut dengan handuk. Usahakan agar tubuh tetaplah kondisi kering.

8. Menjaga Suhu Tubuh Inti Tetap Hangat.

Sebaiknya, gunakan pakaian yang tertutup. Jika perlu, gunakan pakaian berlapis untuk mempertahankan suhu tubuh inti. Jika tubuh sedang kedinginan, maka yang pertama dirasakan adalah rasa dingin pada bagian kaki dan tangan, sebelum rasa dingin tersebut merambat ke seluruh tubuh lainnya. Hal ini adalah bentuk mekanisme tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh inti. Pada saat kedinginan, aliran darah diutamakan pada bagian vital tubuh, sehingga bagian kaki dan tangan Anda akan merasa kedinginan terlebih dulu. Menjaga tubuh Anda tetap tertutup adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kehangatan dalam tubuh.

 

Jadi, selalu jagalah & sayangi kesehatan tubuh Anda. Karena, penyakit datang di situasi/cuaca apapun, kapanpun, dan dimanapun. Semoga Bermanfaat 🙂

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed