by

SMK Negeri 8 Surakarta Peringati Hari Ulang Tahun Ke-69

Loading…

Surakarta – SMK Negeri 8 Surakarta adalah sebuah sekolah yang didirikan dengan tujuan untuk melestarikan Kebudayaan Jawa khususnya Jawa Tengah. Sebuah sekolah kejuruan dengan jurusan yang tidak mudah ditemui di Sekolah lain, diantaranya Jurusan Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Perdalangan, Seni Musik, dan Seni Teater. Sebagai sekolah yang berbasis kesenian, SMK Negeri 8 Surakarta mempunyai cara unik untuk memperingati Hari Ulang Tahunnya.

Loading...

Pada tahun ini, SMK Negeri 8 Surakarta mengadakan acara Peringatan Hari Ulang Tahun dengan beberapa kegiatan antara lain lomba bersih lingkungan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Agustus 2019, kemudian diadakan gerak jalan sehat pada hari Senin, 26 Agustus 2019 dan disusul dengan kegiatan workshop SDM untuk Guru dalam rangka peningkatan kegiatan pembelajaran, dan puncak acara pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 tepat pada hari dimana berdirinya SMK Negeri 8 Surakarta diadakan Upacara menggunakan Bahasa Jawa, selain itu pada kegiatan Upacara diwajibkan kepada seluruh warga sekolah untuk mengenakan baju Kejawen, yaitu baju adat Jawa Tengah. Tujuan pelaksanaan Upacara menggunakan Bahasa Jawa dan juga Baju Kejawen yaitu untuk senantiasa melestarikan Budaya yang ada di Jawa Tengah.

Disaat berlangsungnya upacara, juga diadakan serah terima Piala Kemenangan beberapa perlombaan yang diraih oleh siswa siswi SMK Negeri 8 Surakarta selama tiga bulan sebelum Hari Ulang Tahun SMK Negeri 8 Surakarta. SMK Negeri 8 Surakarta berhasil memperoleh 17 piala dengan berbagai kriteria perlombaan yang tentunya menambah rasa bangga bagi sekolah maupun para siswa dan juga guru. SMK Negeri 8 Surakarta berusaha terus aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh Dinas maupun pihak lain. “Pada tanggal 15 September 2019, juga akan mengikuti kegiatan lomba dengan tingkatan Nasional, ada 4 lomba yang akan diikuti yaitu Gitar Klasik, Musik Tradisi, Tari Tradisional, dan Teater yang akan diselenggarakan di Lampung sampai dengan tanggal 21 September 2019.” jelas Sri Ekowati, S.St selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Surakarta.

Kemudian perayaan Hari Ulang Tahun dilanjutkan dengan puncak acara yang lain yaitu pentas seni, yang diadakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 yaitu penampilan kesenian Ketoprak Siswa yang digelar mulai pukul 13:00 WIB sampai dengan pukul 15:00 WIB. Kemudian pada malam hari diadakan penampilan kesenian ketoprak oleh Guru dan berkolaborasi dengan Orang Tua siswa yang dimulai pada pukul 19:00 WIB yang dihadiri bintang tamu yaitu Tatang Gepeng dan juga Eko Ranto Gudel di SMK Negeri 8 Surakarta. Seluruh warga sekolah bekerja sama dengan kompak untuk meyukseskan acara-acara yang digelar. Tidak hanya itu, pada hari ini 28 Agustus 2019 akan digelar juga konser Welcome Music dari siswa-siswi Seni Musik.

Kepala Sekolah berharap dengan diselenggarakannya Hari Ulang Tahun SMK Negeri 8 Surakarta ini dengan menggelar berbagai acara kesenian yang berasal dari siswa-siswi ini akan berdampak positif bagi seluruh warga sekolah, dapat terus-menerus melestarikan Budaya tanpa meninggalkan nilai-nilai penting didalamnya. “Diharapkan nanti ketika anak-anak lulus dari sini, mereka akan membawa misi untuk tetap melestarikan budaya, apapun profesi yang akan digeluti oleh mereka nantinya.” pesan Kepala Sekolah kepada seluruh anak-anak SMK Negeri 8 Surakarta. #kyki

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed