by

Klaten Kampanyekan Anemia diatas Poster

Loading…

KLATEN – Sosialisasi tidak harus dengan komunikasi tatap muka. Dengan media poster, pesan bisa efektif disampaikan. Inilah yang dilakukan Dinas Kesehatan Klaten dengan Lomba Poster bertema SMART, yakni Semangat Mencegah Anemia Secara Terpadu 2019 yang diikuti 68 pelajar SMP se-Kabupaten Klaten untuk mengkampanyekan waspada anemia khususnya dengan minum tablet tambah darah alias TTD bagi remaja putri bertempat di Pelataran Gedung Sunan Pandanaran Klaten (Selasa, 03/09/19).
Pohon beringin yang rindang menjadi teman yang sejuk bagi para peserta lomba poster saat menggoreskan kuas di lembar kertas. Angin yang semilir mengirimkan pesan imajinasi yang tertuang dalam gambar dan tulisan. Pesan seperti Waspada Anemia, Ayo Makan Sayur Anemia Kabur,Cegah Anemia Dengan Smart, Remaja Cantik Anti Anemia Jangan Lupa TTD-nya menjadi tema-tema yang diusung para peserta dipadu dengan goresan cat air menggambarkan sosok remaja sehat. Pesan sosialisasi yang menyasar generasi milenial menggunakan media poster itu menjadi terobosan Dinas Kesehatan Klaten dalam mengkampanyekan masyarakat sadar anemia melalui goresan-goresan kanvas para pelajar.
“Lomba poster pelajar ini sebagai ajang promosi kesehatan. Enam Poster terbaik nanti akan disebarluaskan melalui media sosial dan dipasang di Dinas Kesehatan. Ke depan poster terbaik ini akan diperbanyak sekaligus sebagai bagian publikasi pesan-pesan kesehatan” kata Panitia Lomba Poster Farida Nur Aisyiah.
Farida menambahkan pelajar putri kelas 2 SMP dan SMA/SMK adalah sasaran penyuluhan sadar anemia. Selama 32 minggu remaja putri harus minum tablet tambah darah agar tidak anemia. Tentunya sebelaum minum TTD, pelajar putri harus sarapan dulu. Melalui program Aksi bergizi yang dimulai sejak 2018, Dinas Kesehatan Klaten bekerja sama dengan 27 sekolah SMP, SMA dan SMK di Klaten dan tablet disiapkan petugas.
“Yang Penting remaja putri Klaten harus waspada anemia, jangan lupa minum TTD setiap jumat sepekan sekali” pesan Farida. #sragen.go.id

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed