by

Fly over dibangun untuk mengatasi kemacetan lalu lintas

Loading…

Jalan layang ( fly over) merupakan jalan yang dibangun untuk menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas di suatu kota. fly over dibangun biasanya untuk Melewati persilangan kereta api dan untuk memperlancar arus lalu lintas

Loading...

Contohnya palur, salah satu tempat yang ada di kabupaten Karanganyar. Jalan daerah palur umumnya sangat ramai dikarenakan jalur tersebut  biasa digunakan oleh para pengguna kendaraan bermotor yang akan masuk atau keluar di daerah Karanganyar. Sering terjadi kemacetan di daerah tersebut, khususnya di perbatasan antara karanganyar dan solo, terlebih lagi banyak truk truk yang melewati jalan tersebut dan menambah antrian kemacetan, akibatnya, banyak yang terlambat/tidak tepat waktu. Oleh karena itu banyak masyarakat yang mengeluhkannya, sehingga pemerintahpun bertindak, slah satunya dengan pembuatan fly over didaerah Palur untuk mengurangi angka kemacetan. Fly over juga merupakan salah satu cara alternative untuk mengurangi kemacetan dan akan memberikan solusi bagi para pengguna jalan agar lalu lintas menjadi lancar, walaupun tidak murah biaya untuk membangun fly over tersebut, tetapi pemerintah tetap berusaha memberikan kenyamanan bagi masyarakat sekitar agar nyaman melewati jalan didaerah palur tersebut. Demikian juga Saat ini kota solo juga sedang membangun Fly Over yang tujuannya sama, yakni untuk memperlancar arus lalulintas serta untuk memperindah kota solo yang notabene sebagai kota batik, pariwisata,kuliner, dan kota budaya. Ada dua tempat fly over yang sedang dibangun, yaitu di daerah Manahan dan di daerah solo Balapan. Dengan dibangunnya 2 fly over tersebut, pihak pemerintah kota Surakarta tentunya memiliki maksud tujuan yang positif, kemudian bisa dijadikan suatu symbol inovasi bagi kota solo yang dari hari ke hari terus meningkat jumlah mobil dan motor yang berlalu lalang dikota solo ini. Solo juga sebagai tempat transit bagi warga masyarakat solo raya dan sekitarnya.

Sejauh mana pendapat masyarakat tentang pembangunan fly over di karanganyar,solo,dan mungkin ditempat lain, Berikut penuturan narasumber yang secara langsung merasakan arti pentingnya pembangunan fly over,

Menurut Kristiarso Seno Prasojo, S. Pd,yang sehari – hari berprofesi seorang guru  Smp Kristen 3 Surakarta,  bagus sekali, dampak dari pembangunan Fly Over/ Jalan layang pasti ada kemacetan, tapi nanti saat sudah jadi, menurutnya, tidak akan mengurangi, Angka kemcacetan,jika masyarakat tidak membatasi Kendaraan yang akan masuk di Jalan Raya.

Sementara itu Hanaul Pagegi, M. Th yang juga seorang guru  smp Kristen 3 Surakarta sebelum dibangun fly over di Palur, memang macet sekali saat melewati rel kereta api, dan jalannya memang satu dari solo menuju Karanganyar. Tapi setelah Fly over sudah jadi, Walaupun bangunnya agak kesiangan, Sudah tidak terlambat lagi, karena Fly Over sudah mengurangi dampak kemacetan lalu lintas kurang lebih sekitar 20 persen.

Dengan dibangunnya Fly over di beberapa tempat Kabupaten karanganyar dan kota solo setidaknya akan membantu kelancaran arus lalu lintas yang kita tengarahi kemacetan dari hari ke hari terus meningkat ini disebapkan oleh meningkatnya kendaraan bermotor dan mobil, kemudian dengan dibangunnya fly over juga akan memperindah kota solo dan karanganyar yang selama ini menjadi daerah tujuan wisata bagi para turis local maupun mancan Negara, satu hal lagi dengan dibangunnya fly over akan meningkatkan taraf perekonomian rakyat, karena disinyalir dengan arus lalulintas yang lancer akan mempermudah jaringan komunikasi serta transportasi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Itu antara lain, perlu dan pentingnya dibangunnya fly over yang saat ini sedang dibangun di beberapa kota khususnya solo dan karanganyar, semoga masyarakat bisa menikmati pembangunan jalan layang tersebut. (Farel Bagus Ardhitama/R)

banner 300250

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed